Startup dengan Lancar

[13/6/2005] Startup dengan Lancar

Windows XP dapat—dan akan—menjalankan sejumlah bagian yang tidak diinginkan pada waktu startup. Kita akan melihat bagaimana mencegahnya.

Windows XP mungkin tampak sebagai satu unit yang terpadu, tetapi kenyataan yang didapat sedikit berbeda. Operating system yang sebenarnya dibangun dari ratusan modul komponen terpisah di atas kernel itu sendiri, dan banyak diantaranya secara opsional atau kadangkadang dipaksa untuk dijalankan sebagai bagian dari prosedur boot Window.

Seperti semua operating system modern, Windows XP dapat menjalankan kode lain pada waktu boot untuk melengkapi OS itu sendiri, atau melakukan tugas tertentu. Bersama Windows XP, potongan kode ini dapat berupa program execubtable (yang bisa Anda jalankan dari Desktop) dan Windows Service.

Microsoft menyebut Service sebagai suatu program, rutin atau proses yang melakukan fungsi tertentu untuk mendukung program lain. Dengan kata lain, Service adalah bagian terpisah dari kode yang didesain untuk melakukan suatu fungsi, baik untuk Windows itu sendiri atau aplikasi yang diinstalasi pada PC Anda.

Sebagai contoh, suatu hardware mungkin membutuhkan Service supaya dapat bekerja dengan benar, sementara Windows itu sendiri bergantung kepada banyak service untuk bekerja, termasuk yang menangani tool perekaman CD built-in, pengambilan gambar dari
scanner dan kamera, serta banyak lagi.

Menjalankan Service
Service umumnya dijalankan pada akhir booting sesaat sebelum Anda tiba di Desktop. Banyak service standar yang dibutuhkan sebelum XP dapat mengambil input dari Anda melalui mouse atau keyboard, dan layar Logon itu sendiri sangat bergantung kepada beberapa service, terutama jika Anda menjalankan Fast User Switching.

Service dapat dihentikan atau dijalankan setiap waktu, baik oleh sistem maupun Anda sendiri, meskipun menghentikan service yang sangat penting bagi sistem merupakan tindakan yang nekad. Pada sistem Windows XP Home, banyak service yang dijalankan sebelum Anda melihat desktop, beberapa diantaranya tidak akan Anda butuhkan, dan masing-masing memakan memory.

Sebelum menghentikan service yang tidak dibutuhkan atau inginkan, Anda perlu melihat apa yang sedang berjalan. System Information berguna dalam situasi ini—buka kotak dialog Run Start Menu, kemudian ketik msinfo32 dan klik OK. Pada panel sebelah kiri, perluas tree Software Environtment kemudian klik Services. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat daftar service yang saat itu tersedia pada sistem Anda, dan apakah mereka sedang berjalan atau tidak. Tampilan ini hanya bersifat informatis dan Anda tidak bisa melakukan apa-apa terhadap daftar tersebut, tetapi kita nanti akan menggunakan lagi
program System Information, jadi biarkan saja tetap terbuka.

Management Console
Untuk mengontrol service mana yang dijalankan Windows XP pada waktu startup, Anda harus menjalankan snapin Services pada Microsoft Management Console. Bergantung kepada vendor PC Anda, ini mungkin saja ditampilkan atau tidak ditampilan pada Start Menu. Jika tidak, Anda bisa menjalankannya sendiri —untuk informasi lebih lengkap lihat kotak “Mendapatkan Kontrol atas Tool Administrasi Sistem.” Jika Anda mempunyai Management Console pada Start Menu, jalankan dan pilih tab Services. Cara cepat untuk mengatur service tanpa perlu menjalankan Microsoft Management Console adalah dengan menjalankan kotak dialog Run Start Menu, ketik services.msc, dan kemudian klik OK.