TIMIKA [PAPOS] - Kalangan DPRD Mimika menyoroti kebijakan belanja mobil dinas pejabat eselon di lingkungan Pemkab Mimika yang terkesan menuruti keinginan masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Ada kendaraan dinas pimpinan SKPD yang jauh lebih mahal dibanding kendaraan yang digunakan oleh Sekretaris Daerah," kritik Fraksi Demokrasi Keadilan dalam pemandangan umum terhadap Laporan Pelaksanaan APBD 2009 dan Perubahan APBD 2010 yang dibacakan Fandanita Silimang di DPRD Mimika, Senin.
Menurut Fandanita, pengadaan kendaraan dinas pejabat perlu dilakukan oleh satu pintu melalui instansi yang membidangi hal itu.
Selain itu, perlu adanya keseragaman jenis kendaraan untuk setiap eseloning dan pengadaan kendaraan dinas bertujuan untuk menunjang prestasi kerja bukan untuk untuk pamer kemewahan. "Kami minta saudara Bupati , Klemen Tinal memberikan teguran kepada pimpinan SKPD yang melakukan pengadaan kendaraan dinas sesuai keinginan mereka bukan sesuai kebutuhan," pinta ketua Fraksi itu.
Anggota Fraksi Demokrasi Keadilan, Athanasius Allo Rafra mengatakan dari pemantauan di lapangan banyak ditemukan kendaraan dinas berplat merah berkeliaran di luar jam kantor.
Lebih ironis, katanya, kendaraan dinas milik para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Mimika sering dipakai oleh anggota keluarga mereka seperti isteri pejabat dan anak pejabat. "Tolong hal ini mendapat perhatian serius dari pimpinan daerah agar ke depan kendaraan dinas betul-betul digunakan untuk operasional pemerintah, bukan dipakai oleh isteri dan anak pejabat," kata Allo Rafra yang pernah menjabat caretaker Bupati Mimika periode 2007-2008.
Ia menegaskan, sesuai peraturan pemutihan kendaraan dinas harus sepengetahuan DPRD dan usia pemutihan kendaraan dinas tidak harus lima tahun setelah digunakan oleh seorang pejabat.
Menanggapi desakan DPRD Mimika, Bupati Klemen Tinal berjanji untuk memperhatikan masukan tersebut. Tinal mengatakan pengadaan kendaraan dinas bisa dilakukan oleh masing-masing SKPD dengan syarat kendaraan tersebut merupakan kendaraan operasional teknis.
Menurut keterangan yang dihimpun ANTARA di Timika, kendaraan dinas yang digunakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Drs Marthyn Giay berjenis Toyota Inova. Adapun salah satu kepala dinas di lingkungan Pemkab Mimika menggunakan mobil jenis Ford yang harganya lebih mahal dari kendaraan dinas yang digunakan Sekda Mimika. [bel/ant]